Rabu, 15 April 2015

Masker Madu Murni, Cara Alami untuk Mengatasi Jerawat


Jika dikonsumsi secara rutin, madu murni bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh dan menjaga stamina. Ketika dicampur air hangat dan lemon atau jeruk nipis, madu juga diyakini bisa membantu memperkuat daya tahan tubuh sehingga Anda menjadi jarang sakit.

Selain itu, madu ternyata juga bisa digunakan untuk merawat kulit, khususnya untuk kulit berjerawat. Seperti dikutip dari Daily Mail, madu murni memiliki khasiat melembabkan dan bisa sebagai antiseptik alami. Madu juga memiliki beberapa komponen yang bisa memperbaiki kondisi kulit.

Karena madu merupakan antibakteri dan antijamur alami, salah satu bahan dapur ini pun bisa digunakan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat pada wajah. Kandungan antibakteri dan antiseptik itu adalah hidrogen peroksida.

Di perusahaan kimia, zat ini biasa dimasukkan dalam produk pembasmi jerawat, biasanya dalam persentase kecil (tak lebih dari 0,5 persen). Hidrogen peroksida umumnya hadir dalam bentuk krim totol jerawat atau sabun pembersih wajah.

Namun pada beberapa orang, krim atau sabun mengandung hidrogen peroksida ini bisa cukup keras. Pada kulit sensitif, bahan ini bisa menyebabkan iritasi berupa kulit kemerahan, penebalan pada kulit dan gatal-gatal yang disertai perih.

Bagi Anda yang memiliki kulit berjerawat dan sensitif, madu bisa dijadikan alternatif untuk membantu mengurangi jerawat. Karena berasal dari bahan alami, madu cenderung aman untuk berbagai jenis kulit; berminyak, normal maupun kering.

Properti hidrogen peroksida alami di dalam madu punya efek menenangkan dan menyembuhkan yang cukup efektif. Anda bisa langsung mengoleskan madu ke seluruh wajah sebagai masker untuk merawat kulit yang berjerawat, noda jerawat sekaligus membantu menghaluskan dan mencerahkannya.

Setelah dioleskan, diamkan selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas dengan air dan lanjutkan penggunaan pelembab. Disarankan menggunakan masker madu alami dua hingga tiga kali seminggu.

Sumber : Wolipop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar